Pengantar Etika dan Profesionalisme
Teknologi Sistem Informasi
(Minggu Kesebelas : Model Pengembangan Standar Profesi)
“Model dan
Standar profesi di USA dan Kanada. Model dan Standar di Eropa (Inggris, Jerman,
dan Perancis)”
Ega Pramesti. 12110260.
Rahmi Imanda. 15110587.
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu
Komputer dan Teknologi Informasi
Universitas Gunadarma
2014
ABSTRAK
Profesi
adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu
pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode
etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi
tersebut. Setiap profesi memiliki standarnya masing-masing dan berbeda-beda
pada tiap Negara. Standar profesi adalah pedoman yang harus dipergunakan
sebagai petunjuk dalam menjalankan profesi secara baik.
PENDAHULUAN
Standar profesi dibutuhkan untuk memudahkan bagi perusahaan atau
institusi untuk menilai kemampuan (skill) calon pegawai atau pegawainya. Adanya
inisiatif untuk membuat standar dan sertifikasi sangat dibutuhkan untuk
memenuhi kebutuhan bisnis, mengantisipasi globalisasi, pengakuan formal bagi
lulusan perguruan tinggi untuk menjadi tenaga professional, dan bukti kemandirian
professional di bidangnya. Namun masih terdapat permasalahan seperti beragamnya
standar dan sertifikasi.
Model dan Standar
Profesi di USA dan Kanada
Kode Etik Profesional Pejabat Keuangan Pemerintah Asosiasi dari Amerika
Serikat dan Kanada adalah organisasi profesional pejabat publik bersatu untuk
meningkatkan dan mempromosikan manajemen profesional sumber daya keuangan
pemerintah dengan mengidentifikasi, mengembangkan dan memajukan strategi
fiskal, kebijakan, dan praktek untuk kepentingan publik.
Untuk lebih tujuan tersebut, aparat pemerintah membiayai semua
diperintahkan untuk mematuhi standar hukum, moral, dan profesional perilaku
dalam pemenuhan tanggung jawab profesional mereka. Standar perilaku profesional
sebagaimana diatur dalam kode ini diwujudkan dalam rangka meningkatkan kinerja
semua orang yang terlibat dalam keuangan publik.
1. Pribadi Standar
Petugas pembiayaan
pemerintah harus menunjukkan dan didedikasikan untuk cita-cita tertinggi
kehormatan dan integritas dalam semua hubungan masyarakat dan pribadi untuk
mendapat rasa hormat, kepercayaan, dan keyakinan yang mengatur pejabat, pejabat
publik lainnya, karyawan, dan masyarakat. Mereka harus mematuhi praktek
profesional disetujui dan standar yang dianjurkan.
2. Tanggung jawab
sebagai Pejabat Publik.
Petugas pembiayaan
Pemerintah harus mengakui dan bertanggung jawab atas tanggung jawab mereka
sebagai pejabat di sektor publik. Mereka harus menjunjung tinggi baik surat dan
semangat undang-undang, konstitusi, dan peraturan yang mengatur tindakan mereka
dan melaporkan pelanggaran hukum kepada pihak yang berwenang.
3. Pengembangan
Profesional
Petugas pembiayaan
Pemerintah bertanggung jawab untuk menjaga kompetensi mereka sendiri, untuk
meningkatkan kompetensi kolega mereka, dan untuk memberikan dorongan untuk
mereka yang ingin memasuki bidang keuangan pemerintah. petugas Keuangan harus
meningkatkan keunggulan dalam pelayanan publik.
4. Integritas
Profesional – Informasi
Petugas pembiayaan
Pemerintah harus menunjukkan integritas profesional dalam penerbitan dan
pengelolaan informasi. Mereka harus sensitif dan responsif terhadap pertanyaan
dari masyarakat dan media, dalam kerangka kebijakan pemerintah negara bagian
atau lokal.
5. Integritas
Profesional – Hubungan.
Petugas pembiayaan
Pemerintah harus bertindak dengan kehormatan, integritas, dan kebajikan dalam
semua hubungan profesional. Mereka akan mempromosikan kesempatan kerja yang
sama, dan dengan berbuat demikian, menentang diskriminasi, pelecehan, atau
praktik yang tidak adil lainnya.
6. Konflik
Kepentingan.
Petugas pembiayaan
Pemerintah harus secara aktif menghindari munculnya atau kenyataan benturan
kepentingan. Mereka tidak akan menggunakan milik umum atau sumber daya untuk
keuntungan pribadi atau politik.
Model dan Standar
Profesi di Eropa (Inggris, Jerman, dan Perancis)
Standar Praktek dikembangkan oleh COTEC adalah kode sukarela yang
dirancang untuk membantu Asosiasi Nasional untuk membangun dan mengembangkan
kode nasional sesuai dengan standar Eropa praktek untuk terapis okupasi. Hal ini
dimaksudkan untuk penerapan umum namun dapat dimodifikasi untuk daerah
spesialis misalnya pediatri praktek, kepedulian masyarakat, dll psikiatri Jika
ada kelompok seperti ingin melakukan ini, setiap dealth masalah dengan dalam Standar
Praktek, harus diberikan dan bijaksana pertimbangan informasi karena mereka
telah disertakan untuk relevansi mereka untuk satu atau kegiatan lain dari
praktek profesional kami. Sangat penting bahwa isu-isu yang termasuk dalam
Standar Praktek harus saat ini dan relevan dengan anggota profesi yang
menggunakan atau untuk yang menggunakannya dimaksudkan.
Standar COTEC Praktek adalah pernyataan kebijakan yang membantu untuk
mengatur dan menjaga standar praktek profesional yang baik. Dalam kasus dimana
keputusan harus dibuat mengenai perilaku tidak profesional dari seorang ahli
terapi kerja, Kode dapat digunakan sebagai panduan untuk standar perilaku
profesional yang tepat.
Wakil untuk COTEC diminta untuk memastikan bahwa, ketika kode sedang
diterjemahkan ke dalam bahasa Eropa lainnya, hal itu dilakukan sehingga oleh
penutur asli. Hal ini dianjurkan karena memiliki frase dan istilah yang
kadang-kadang sulit diterjemahkan.
Ada dua bagian utama dalam dokumen ini :
- Kode Etik Federasi Dunia Kerja Therapist.
- Standar Praktek dirancang oleh COTEC pada tahun 1991 dan sekarang diperbaharui pada tahun 1996.
1. Pribadi atribut
Pekerjaan terapis
memiliki integritas pribadi, kehandalan, pikiran yang terbuka dan loyalitas
berkaitan dengan konsumen dan bidang profesional keseluruhan.
Tanggung jawab
terhadap penerima Occupational Layanan Terapi. Pekerjaan terapis pendekatan
semua konsumen dengan hormat dan dengan memperhatikan untuk situasi
masing-masing. Pekerjaan terapis akan tidak diskriminasi terhadap konsumen
berdasarkan ras, warna kulit, cacat, cacat, asal-usul kebangsaan, umur, jenis
kelamin, preferensi seksual, agama, keyakinan politik atau status dalam
masyarakat. Pribadi preferensi konsumen dan kemampuan untuk berpartisipasi akan
diperhitungkan dalam perencanaan penyediaan layanan. Kerahasiaan informasi
pribadi konsumen dijamin dan setiap rincian pribadi disampaikan hanya dengan
persetujuan mereka.
2. Perilaku dalam tim
Terapi Pekerjaan dan dalam tim multidisiplin
Pekerjaan terapis
bekerja sama dan menerima tanggung jawab dalam satu tim dengan mendukung tujuan
medis dan psikososial yang telah ditetapkan. terapis Kerja menyediakan laporan
tentang kemajuan intervensi mereka dan memberikan anggota lain dari tim dengan
informasi yang relevan.
Mengembangkan
pengetahuan profesional.Pekerjaan terapis berpartisipasi dalam pengembangan
profesional melalui belajar sepanjang hidup dan selanjutnya menerapkan
diperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam kerja profesional mereka.
3. Promosi Profesi
Pekerjaan terapis
berkomitmen untuk perbaikan dan pengembangan profesi pada umumnya. Mereka juga
prihatin dengan mempromosikan terapi okupasi yang lain masyarakat organisasi
profesional, dan mengatur badan-badan di, nasional dan internasional tingkat regional.
World Federation of Occupational
Therapist: Komite Praktek Profesional; Maret 1990.
4. Standar Praktek
Konsumen
Untuk tujuan Standar
COTEC Praktek konsumen istilah digunakan untuk menjelaskan pasien, klien dan /
atau wali. Hal ini juga termasuk mereka yang terapis kerja bertanggung jawab.
STANDAR PROFESI DI
BIDANG IT ANTARA USA DAN EROPA
Secara umum, terdapat tiga lapisan bidang TI, yakni lapisan
spesialis, profesional operasional dan profesional strategis. Lapisan
pertama meliputi 6 golongan karakteristik profil, yaitu software developer,
technician, solution developer, coordinator, adviser dan administrator.
Keseluruhannya mencakup 29 profil profesi. Lapisan kedua terdiri
dari 4 profil profesi, yaitu IT engineer, IT manager, IT consultant dan IT
commercial canager. Lapisan ketiga terdiri dari 2 profil profesi,
yakni IT system engineer dan IT bussiness engineer. Dari standar yang
ada, hal yang menarik adalah acauan apa yang digunakan dalam pengembangan
kompetensi.
Salah satu acuan, seperti yang sekarang berkembang di Negara-negara
Eropa, adalah dengan memperhatikan sistmatika profil spesialis dalam
proses pengembangan teknologi informasi itu sendiri. Proses ini terkait
dengan proses kerja (work process) para spesialis baik di suatu perusahaan
maupun di suatu organisasi. Dengan kata lain, pengembangan kompetensi akan
lebih cenderung berorientasi pada proses kerja.
Proses kerja yang khas, aktivitas yang khas dan tugas spesifik dari
bidang TI dan bidang aplikasi TI yang terkait mencirikan spesialis.
Penggolongannya pada proses TI secara umum menjelaskan kemiripan,
keterkaitan (overlapping ), dan batas antar profil. Sehingga baik bagi
perusahaan dan organisasi maupun bagi tenaga TI itu sendiri, identifikasi dan
pemilihan profil spesialis yang tepat menjadi mungkin.
Sistematika aktivitas, proses TI menggambarkan secara umum produksi dan
penerapan produk-produk TI. Pada proses ini terkait siklus hidup (life
cycle) produk-produk secara keseluruhan dan penetapan model penjamin
kualitas (Quality of Assurance) yang wajar. Hal ini memiliki banyak kelebihan
dan keuntungan.
TI meliputi software, hardware, dan teknologi komunikasi bagi
perusahaan dan organisasi modern saat ini. Dengan demikian proses TI
menggambarkan disamping pengembangan juga penerapan dari produk-produk TI. Jadi
disini terkait tidak hanya software dan sistem saja, melainkan juga hardware
dan jaringan. Orientasi proses pada perusahaan menjamin kepuasan
pelanggan dan karyawan/pegawai/rekan kerja, kualitas produksi yang tinggi, dan
memungkinkan perbaikan-perbaikan yang tetap dan berkelanjutan. Pada
penggambaran siklus hidup produk, proses kerja dan proses tugas terintegrasi di
dalam proses TI. Keduanya dapat diturunkan dari proses TI dan diperinci lebih
dalam.
Penggolongan profil spesialis pada proses, aktivitas yang
mencirikan, begitu juga keterkaitan (overlapping) dengan profil lainnya
dapat dengan mudah dikenali dari proses TI. Sebagai model proses TI menawarkan
dukungan bagi perusahaan seperti karyawan/pegawai/rekan kerja, untuk
dapat mengidentifikasi profil spesialis yang tepat dan sesuai dengan
pekerjaan. Dengan demikian proses TI dapat menambahkan atau mengintegrasikan
model proses dan metode pengembangan software yang sudah ada.
Setelah produk jadi, maka pelanggan mengambil dan membeli
produk.Langkah berikutnya menyangkut adaptasi sistem yang bare dengan yang
sudah ada dan migrasi data. Langkah ini biasanya berlangsung dalam rangka pilot
phase. Pada phase ini, pemakai (user dan administrator ) sistem
barn ini selanjutnya juga di training.
Jika akhirnya sistem telah di install, dikonfigurasi, dan diadaptasi,
proses selanjutnya mengoperasikan sistem secara reguler, berikut mengawasi dan
memelihara sistem Optimasi sistem sesuai kebutuhan selama proses operasi
merupakan bagian terakhir dari proses TI. Jika produk atau sistem tidak sesuai
lagi dengan kebutuhan/permintaan (demand), maka analisis kebutuhan baru perlu dilakukan.
Dengan demikian proses TI akan kembali lagi ke titik awal prosesnya.
Langkah-langkah proses yang dijalankan perlu memperhatikan baik pihak developer
atau pihak user. Hal ini memungkinkan baik identifikasi aktivitas yang khas dan
tugas utama pada kedua belah pihak maupun gambaran overlapping, junction
dan fungsi-fungsi yang sama. Langkah-langkah proses TI mewakili proses
kerja yang luas dan kompleks. Pengoperasian, pengontrolan, dan
pengoptimalan sistem menggambarkan proses kontinu yang senantiasa harus terus
dijalankan. Implementasi sistem dapat berlangsung lama dan juga proses
penyearahan ke pelanggan dapat berlangsung melalui suatu proses bertahap.
KESIMPULAN
Model dan standar profesi di setiap negara berbeda-beda. Perkembangan
industri dalam bidang TI ini membutuhkan formalisasi yang lebih baik dan tepat
mengenai pekerjaan, profesi berkaitan dengan keahlian dan fungsi dari tiap
jabatan. Beberapa negara telah mengembangkan dan mempromosikan sistem
sertifikasi yang khas bagi negara tersebut. Beberapa negara menerapkan
dan membayar lisensi kepada sistem sertifikasi yang ada. Beberapa negara
menggunakan tenaga ahli untuk melakukan ujian.
DAFTAR PUSTAKA
[1] URL : http://www.academia.edu/7329803/Perbandingan_Standar_Profesi_IT_di_Indonesia_dan_di_Negara_Lain
No comments:
Post a Comment