WELCOME TO MY WORLD

Selamat datang di ega's blog. Don't Judge The Book With The Cover !!!!!

Tuesday, March 27, 2012

Resume Presentasi Kelompok 4 "Struktur Pasar"


Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.
Pada analisa ekonomi dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna (yang meliputi pasar persaingan sempurna, monopoli, oligopoli,duopoli, monopolistik dan monopsoni).

·         Sifat-sifat pasar persaingan sempurna :
-          Jumlah penjual dan pembeli banyak
-          Barang yang dijual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain
-          Penjual bersifat pengambil harga (price taker)
-          Harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply)
-          Posisi tawar konsumen kuat
-          Sulit memperoleh keuntungan di atas rata-rata
-          Sensitif terhadap perubahan harga
-          Mudah untuk masuk dan keluar dari pasar

·         Ciri-ciri dari pasar monopoli adalah:
-         Hanya ada satu produsen yang menguasai penawaran;
-         Tidak ada barang substitusi/pengganti yang mirip (close substitute);
-          Produsen memiliki kekuatan menentukan harga; dan
-          Tidak ada pengusaha lain yang bisa memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan.

·         Ciri-ciri dari pasar oligopoli adalah:
-          Terdapat beberapa penjual/produsen yang menguasai pasar.
-          Barang yang diperjual-belikan dapat homogen dan dapat pula berbeda corak (differentiated product), seperti air minuman aqua.                       
-          Terdapat hambatan masuk yang cukup kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.                                                                      
-          Satu di antaranya para oligopolis merupakan price leader yaitu penjual yang memiliki/pangsa pasar yang terbesar. Penjual ini memiliki kekuatan yang besar untuk menetapkan harga dan para penjual lainnya harus mengikuti harga tersebut. Contoh dari produk oligopoli: semen, air mineral.


·         Ciri-ciri dari pasar monopolistik adalah:
-          Terdapat banyak penjual/produsen yang berkecimpung di pasar.
-          Barang yang diperjual-belikan merupakan differentiated product.
-          Para penjual memiliki kekuatan monopoli atas barang produknya sendiri.
-          Untuk memenangkan persaingan setiap penjual aktif melakukan promosi/iklan.
-           Keluar masuk pasar barang/produk relatif lebih mudah.                                                                          



No comments:

Post a Comment